Jumat, 29 Oktober 2010

Tips Menghemat Baterai Laptop

Berapa lama kemampuan bertahan baterai laptop anda? Mungkin kalau anda paham benar penggunaan dan perawatannya, biasanya paling tinggi 2 jam. Tapi jangan kaget ketika baru membeli laptop, daya tahan baterai bisa tahan lama, tapi coba cek lagi penggunaan baterai laptop anda ketika sudah melewati 4 atau 5 bulan pemakaian, kemampuan daya tahan baterai mulai menyusut. Karena bentuknya yang kecil, maka laptop menjadi praktis di bawa kemana-mana. Tempat-tempat umum seperti mal, restoran ataupun kafe, menyediakan fasilitas tambahan Wi-FI untuk mereka-mereka yang biasa nongkrong sambil online. Tapi ingat, tidak semua tempat umum itu menyediakan colokan listrik gratis untuk mencharge baterai laptop anda. Jika kondisinya demikian, maka yang di perlukan adalah kemampuan daya tahan baterai laptop anda yang cukup lama. Mungkin ini beberapa tips yang coba saya bagikan, agar kemampuan daya tahan baterai laptop anda bisa terjaga.

• Jangan menggunakan laptop sambil mengisi baterai. Seringkali kita melihatnya sebagai hal yang wajar. Harap di perhatikan bahwa aliran listrik yang masuk terus – menerus ke dalam baterai sambil di gunakan, justru akan merusak kemampuan baterai itu dengan sendirinya. Cara yang paling tepat adalah, jangan menggunakan laptop ketika sedang di charge. Bila perlu, matikan laptop anda ketika sedang di charge.

• Untuk pemakaian di atas 2 jam, sebaiknya baterai di cabut dan langsung menggunakan aliran listrik. Ini terbukti efektif agar baterai laptop anda tidak terlalu banyak digunakan.

• Jika kita bepergian ke luar kota selama beberapa hari tanpa membawa laptop, sebaiknya baterai di cabut dan di simpan di tempat yang aman.

• Salah satu komponen laptop yang cukup banyak menyita penggunaan kemampuan baterai adalah layar LCD. Di saat menghidupkan laptop, banyak tenaga baterai yang di pakai untuk layar laptop anda. Solusinya adalah pengaturan tingkat kecerahan (bright) dan ketajaman (sharp) layar laptop anda. Aturlah agar tidak terlalu terang dan tajam, sehingga dapat menghemat penggunaan baterai laptop anda.

• Pemakian fitur-fitur yang terlalu banyak juga banyak menghabiskan daya tahan baterai laptop. Beberapa merek laptop menyediakan fitur-fitur yang akan on dengan sendirinya ketika kita menghidupkan laptop kita, misalnya Wi-FI dan bluetooth. Sebaiknya pemakaian fitur-fitur yang ada, di gunakan secara manual saja, misalnya sudah di atur semacam shortcut.

• Salah satu kebiasaan sepele (buruk) adalah lupa mencabut kepingan cakram padat dari CD-ROM/DVD-ROM, ketika selesai menonton film ataukah mengkopi sebuah data. Nah, di saat kita menghidupkan laptop dengan kepingan cakram yang masih tertinggal di dalamnya, putaran yang di hasilkan dari dalam CD-ROM/DVD-ROM itu memakai daya baterai yang cukup besar.

Semoga beberapa tips ini dapat berguna untuk anda. Semua tips di atas cukup sederhana, asalkan kita mau punya tekad dan kemauan untuk merawat dan menyayangi laptop kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar