Minggu, 31 Oktober 2010

5 Alternatif Penggunaan Laptop Tua Anda

       
Pada titik tertentu, kebutuhan Anda akan berkembang melebihi kemampuan laptop Anda. Anda mungkin memerlukan harddisk besar untuk semua video dan MP3 yang Anda download. Atau mungkin bahasa pemrograman baru Anda memakan lebih banyak RAM? Atau pekerjaan anda menuntut kemampuan grafis tinggi dan tidak dapat dipenuhi oleh laptop anda.
Kemudian Anda akan berpikir untuk membeli laptop baru dan kebingungan laptop lama anda akan diapakan. Anda tentu berpikir jika dijual pastilah harganya sudah anjlok dan ini adalah sebuah kerugian jika laptop anda masih bisa dipakai.
Ada alternatif lain daripada menjual laptop anda antara lain:
1. Berikan Pada Anak Untuk Sarana Belajar

Wariskan laptop tua anda ke anak anda untuk sarana belajar. Biarkan dia berkembang sementara anda tidak akan sayang walaupun nantinya rusak.
2. Sumbangkannya Pada Organisasi Sosial Atau Keluarga
Jika anda berjiwa sosial, menyumbangkan ke panti asuhan atau saudara yang kurang mampu adalah salah satu ide bagus. Laptop atau komputer setua apapun asalkan masih hidup masih sangat bermanfaat dan dipakai minimal untuk belajar mengetik.
3. Jadikan Komputer Usaha

Bagi anda yang memiliki usaha toko, rumah makan , dll. Anda bisa menggunakan laptop tua ini sebagai komputer kasir untuk mencatat data penjualan dan perhitungan. Atau anda bisa memberikan layanan internet gratis menggunakan laptop ini untuk pelanggan anda sebagai nilai tambah tempat usaha anda.
4. Tambahkan Koneksi Internet
Dengan menambahkan koneksi internet anda bisa melakukan banyak hal mulai dari bersifat sosial sampai menghasilkan uang dengan berjualan lewat internet. Caranya adalah dengan membelikan modem USB atau PCMCIA Wireless card supaya bisa mengakses wireless. Ada banyak sekali ide kreatif yang akan muncul jika anda banyak membaca di internet. Lagipula untuk menjalankan koneksi internet tidak dibutuhkan spesifikasi tinggi.
5. Untuk Belajar Sendiri
Jika anda seorang berlatar belakang IT, anda pasti mengetahui banyak hal yang dapat dilakukan dengan sebuah laptop tua. Anda bisa meng’oprek’nya sendiri. Anda bisa menggunakannya untuk belajar Linux. Anda bisa menjadikannya sebuah server mini untuk belajar jaringan, dll. Dan anda bisa mencari ide di internet apa yang bisa anda lakukan dengan laptop tua anda.
Semoga artikel ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar