Minggu, 31 Oktober 2010

Debu: Musuh Utama Pembunuh Laptop Anda!

                                       
                                                   Di antara mengurus rumah tangga, anak-anak, hewan peliharaan, dan pekerjaan utama anda, perawatan komputer mungkin adalah salah satu dari hal-hal terakhir yang susah Anda lakukan secara teratur.
Namun tanpa jadwal perawatan berkala, Anda akan mengetahui bahwa sebuah laptop yang diabaikan adalah salah satu yang bisa menjadi bom waktu keuangan anda di kemudian hari jika sudah rusak.
Terlalu banyak fokus pada sistem operasi membuat kita terkadang lupa betapa pentingnya perawatan komponen perangkat keras sebuah laptop.
Komponen yang paling penting dari sebuah sistem perangkat keras komputer adalah KIPAS.  Kipas jika tersumbat oleh kotoran dan debu, akan menghambat aliran udara panas keluar dari laptop Anda.
Singkatnya, kipas bertanggung jawab untuk menjaga suhu laptop tetap dingin. Debu yang menumpuk menghambat putaran kipas sehingga tidak dapat membantu prosesor dan komponen lain tetap dalam kondisi dingin. Hal ini menyebabkan prosesor bekerja lebih keras. Konsekuensinya adalah meningkatnya konsumsi listrik.
Hal yang terburuk yang bisa terjadi adalah, prosesor atau komponen lain kepanasan hingga meleleh yang menyebabkan laptop Anda mati total!
Berikut ini adalah tips untuk membuat kipas laptop anda tetap bersih
  1. Hindari Lingkungan Berdebu
    Laptop Anda tetap bersih dengan cara mencegah menjadi semakin kotor atau berdebu. Gunakan laptop dalam sebuah lingkungan bebas debu dan jika memungkinkan hanya gunakan di dalam ruangan yang cukup dingin.
  2. Tahan Keinginan Anda Untuk Merokok Disekitarnya
    Debu rokok dapat mempercepat tersumbatnya kipas komputer, namun harus Anda menemukan suatu kebutuhan untuk membersihkan kipas, melakukannya dengan sangat hati-hati.
  3. Membuka Casing dan Membersihkan Sendiri
    Anda akan memerlukan sekaleng udara terkompresi dan kain anti statik untuk menghilangkan gumpalan debu. Pegang sempurna secara vertikal dan semprotkan. Hati-hati untuk tidak menyemprot debu dari kipas angin ke bagian-bagian sensitif lainnya seperti mainboard atau di dalam casing prosesor. Seka sisa debu dengan lap anti statik dan rakit kembali.
  4. Bawa ke Service Laptop
    Daripada repot-repot dan beresiko anda merusak sesuatu jika membongkar sendiri, Anda bisa menyerahkannya ke jasa service laptop yang sudah berpengalaman untuk mendapatkan pembersihan menyeluruh.
  5. Jangan Gunakan Vacumm Cleaner
    Walaupun menggunakan vacuum cleaner yang tampaknya lebih masuk akal, suction yang kuat dari vacuum cleaner yang dapat benar-benar merusak percikan listrik statis atau mencabut kabel longgar. Anda juga tidak ingin menggunakan pembersih berbasis minyak. Ikrar Meskipun Anda mungkin debu meja kayu dan lemari untuk bersinar sempurna, di dalam minyak bersih seperti ini akan mengikis bagian-bagian komputer sensitif. Tetaplah pada cairan metode membersihkan bebas dan rutin membersihkan Anda akan cukup aman untuk mengulang sesering yang Anda butuhkan.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, mencegah debu memasuki komputer ini sangat penting dan akan mengurangi kebutuhan untuk membuka dan debu sistem anda di tempat pertama. Keparahan unsur luar (merokok, kelembaban, hewan peliharaan, dll) pada akhirnya akan menentukan seberapa sering Anda harus de-debu mesin Anda. Tetapi sebagai rata-rata, Anda tidak perlu untuk melakukan prosedur ini lebih dari sekali atau dua kali setahun.
Seluruh latihan harus tidak lebih dari dua puluh menit puncak dan setelah selesai, Anda akan langsung melihat dan mendengar perbedaan dalam mesin anda. Komputer keyboard dan mouse akan berjalan lebih lancar, hardware tidak akan lebih lama untuk menghubungkan, dan seluruh mesin tidak akan sekeras yang sudah berkarat dengan debu jelek kelinci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar