Minggu, 31 Oktober 2010

Tips Hemat Waktu Dengan Batch File

                                            
Apakah anda mempunyai rutinitas sehari-hari dengan membuka beberapa program yang sama setiap hari dan anda melakukannya berulang-ulang?
Daripada melakukan manual, kita bisa membuat sebuah program kecil yang disebut Batch File untuk menjalankan ketiga pekerjaan tersebut otomatis dengan sekali klik. Itu salah satu alasan mengapa Batch File menjadi begitu populer.
Batch File adalah dokumen teks kecil yang berisi sekelompok perintah MS DOS. Ketika dieksekusi, mereka akan memproses setiap perintah tanpa pengguna harus mengetikkan satu per satu dari mereka. Ketika Windows dikembangkan, keperluan untuk mengetik perintah pada dasarnya hampir tidak dibutuhkan berkat adanya mouse. Tapi hal ini tidak menghentikan demam batch file di beberapa kalangan kecil.
Meskipun Anda menggunakan Windows XP atau Vista, Batch File dapat menghemat banyak waktu dengan memulai beberapa program dan melakukan tugas yang berbeda dengan sekali klik.
Membuat Batch File tidak perlu keahlian pemrograman tingkat tinggi. Anda hanya butuh notepad dan beberapa perintah dasar MS DOS Katakanlah bahwa setiap hari kita harus membuka Mozilla, Ms Word, dan kalkulator. Pertama, kita buka Notepad dan mengetik perintah berikut:
START “http://www.yahoo.com”
START “c:/program files/microsoft office/office/winword.exe”
START “c:/windows/calc.exe”

File notepad tersebut kemudian disimpan ke Desktop untuk akses lebih cepat dan filenya diberi nama “rutin.bat”. Setiap kali kita mengklik file ini, website Yahoo, Microsoft Word, dan kalkulator akan terbuka.
Jika kita ingin program ini untuk dibuka setiap kali kita masuk ke Windows, kita bisa membuat “shortcut” untuk file ini dan masukkan shortcutnya ke Start Up folder. Jika Anda ingin program ini untuk mulai dengan jendela minimal (diminimize), Anda bisa mengetik berikut ke dalam batch file ini sebagai gantinya:
START http://www.yahoo.com /m
START “c:/program files/microsoft office/office/winword.exe” /m
START “c:/windows/calc.exe” /m

Ini akan menjalankan semua tiga program seperti sebelumnya, namun perintah  “/ m” akan meminimize window mereka sehingga mereka tidak muncul di desktop.
Orang lain mungkin jauh lebih kreatif dan efektif dalam menggunakan Batch File, tapi yang terpenting adalah bahwa Anda tahu Batch File dapat berguna untuk menghemat beberapa detik atau menit dalam melaksanakan tugas-tugas penting.
MS DOS mungkin sudah lama ditinggalkan, tapi kita mengetahui bahwa MS DOS masih merupakan sumber berharga untuk otomatisasi yang dapat bermanfaat tanpa memerlukan keahlian membuat program sedikitpun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar